You are here
Home > Blog > 5 Peninggalan Kebudaya Indonesia Yang Pernah Akui Negara Tetangga

5 Peninggalan Kebudaya Indonesia Yang Pernah Akui Negara Tetangga

5 Peninggalan Kebudaya Indonesia Yang Pernah Akui Negara Tetangga -Indonesia merupakan negara yang kaya akan alam dan budanyanya.  Sebagai negara yang dilintasi oleh garis khatilistiwa Indonesia tidak hanya menawarkan pesona keindahan alamnya yang memang sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia, Indonesia juga mempunyai keaneka ragaman budaya dari Sabang sampai Merauke. Indonesia sendiri tercatat sebagai saah satu negara paling kaya akan ragam budaya di dunia.

Contohnya saja Malaysia. Negara tetangga ini kerap mengklaim budaya-budaya asli Indonesia sebagai warisan budaya mereka. Hal tentu saja memancing kemarahan masyarakat Indonesia. Lalu apa saja 5 Peninggalan Kebudaya Indonesia Yang Pernah Akui Negara Tetangga

1. Batik

5 Peninggalan Kebudaya Indonesia Yang Pernah Akui Negara Tetangga

Malaysia pernah mengklaim budaya Indonesia yang satu ini sebagai bagian dari budaya mereka. Untuk menghindari polemik berkepanjangan, pemerintah Indonesia pun segera mendaftarkan batik ke UNESCO untuk mendapatkan pengakuan. Meski telah didaftarkan sejak 3 September 2008, UNESCO baru mengakui batik sebagai warisan budaya Indonesia pada 2 Oktober 2009 setelah dilakukan pengujian.

2. Wayang Kulit

5 Peninggalan Kebudaya Indonesia Yang Pernah Akui Negara Tetangga

Wayang kulit pernah diklaim oleh Malaysia sebagai bagian dari budaya mereka. Hal ini dikarenakan beberapa orang Indonesia yang menetap di sana kerap mengadakan pertunjukan wayang kulit. Untunglah, pada tanggal 27 November 2003 UNESCO mengakui Wayang Kulit sebagai warisan kebudayaan Indonesia.

3. Lagu Rasa Sayange

5 Peninggalan Kebudaya Indonesia Yang Pernah Akui Negara Tetangga

Lagu yang satu ini pernah digunakan Malaysia di salah satu iklan pariwisata Malaysia. Selanjutnya meluncur pernyataan bahwa lagu Rasa Sayange merupakan kebudayaan milik Malaysia. Ricuh tersebut segera disudahi oleh Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Budaya Malaysia Rais Yatim yang mengakui lagu Rasa Sayange adalah milik Indonesia.

4. Rendang

5 Peninggalan Kebudaya Indonesia Yang Pernah Akui Negara Tetangga

Masakan yang disebut-sebut sebagai masakan terenak di dunia versi CNN ini pun tak lepas dari klaim Malaysia. Rendang pernah diklaim Malaysia sebagai warisan budaya mereka karena banyak orang Sumatera Barat yang tinggal di sana dan memasak rendang.

5. Tari Pendet dan Tari Piring

Masyarakat Indonesia pernah dikejutkan dengan munculnya dua tarian ini di iklan pariwisata Malaysia. Malaysia menganggap dua tarian ini merupakan warisan budaya mereka. Padahal sudah jelas-jelas Tari Pendet berasal dari Bali dan Tari Piring berasal dari Sumatera Barat.

Sebenarnya masih banyak lagi warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim Malaysia sebagai budaya mereka. Misalnya saja gamelan jawa, keris, nasi goreng, cendol, bahkan jamu! Pemerintah Indonesia perlu bergerak cepat dalam mendaftarkan warisan budaya kita ke UNESCO.

Dan sebagai warga Indonesia, tugas kitalah mewariskan budaya tersebut. Jangan hanya ribut ketika budaya kita diklaim Malaysia saja. sekitan mengenai 5 Peninggalan Kebudaya Indonesia Yang Pernah Akui Negara Tetangga

(Visited 5 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Top
error: Content is protected !!