You are here
Home > Blog > 5 Perusahaan Terbesar di Dunia yang Bernilai Fantastis

5 Perusahaan Terbesar di Dunia yang Bernilai Fantastis

5 Perusahaan Terbesar di Dunia Apple jadi salah satu Perusahaan terbesar di dunia (Shutterstock).

Disney resmi menyatakan diri sebagai pemilik dari 21st Century Fox. Kabarnya nih Disney menggelontorkan dana US$ 71 miliar atau setara Rp 1 kuadriliun. Kedua perusahaan ini sendiri diketahui merupakan perusahaan terbesar di dunia.

Sebagai informasi aja nih, 21st Century Fox merupakan salah satu perusahaan yang menjadi bagian dari grup bisnis News Corporation yang dimiliki Rupert Murdoch. Selain itu, News Corporation juga punya menguasai The Wall Street Journal dan New York Post.

Pastinya nilai Rp 1 kuadriliun alias Rp 1.000 triliun bukanlah nilai yang kecil. Sebab pendapatan negara aja nilainya lebih dari Rp 1.000 triliun. Apakah dengan nilai akuisisi yang sebesar itu 21st Century Fox menjadi perusahaan paling besar di dunia?

Usut punya usut, ada beberapa perusahaan yang terdaftar sebagai perusahaan terbesar di dunia lho. Kenapa tergolong besar? Sebab perusahaan-perusahaan tersebut punya kapitalisasi pasar paling tinggi di dunia.

Pengin tahu apa aja perusahaan-perusahaannya? Bersumber dari Investopedia, berikut ini deretan perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

1. Apple (AAPL): Rp 12 ribu triliun

Perusahaan Apple

Apakah kamu punya produk iPhone atau Macbook? Kalau iya, saat ini kamu sedang memegang produk dari salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Apple berada dalam daftar perusahaan yang punya kapitalisasi pasar yang besar. Asal tahu aja nih, kapitalisasi pasar adalah  Harga Salaham per lembar dikalikan dengan jumlah saham yang beredar. Kapitalisasi pasar digunakan sebagai gambaran harga jual perusahaan.

Semakin besar kapitalisasi pasar perusahaan, semakin mahal harga jual perusahaan tersebut. Informasi terakhir, Apple punya kapitalisasi pasar sebesar US$ 879,54 miliar atau sekitar Rp 12.483 triliun.

Itu belum seberapa dibandingkan yang tercatat pada 2 Agustus 2018. Saat itu Apple tercatat sebagai perusahaan pertama yang punya nilai US$ 1 triliun atau Rp 14 ribu triliun. Karena penjualan yang sedang lesu, harga saham Apple mengalami penurunan.

2. Alphabet (GOOGL and GOOG): Rp 11.842 triliun

5 Perusahaan Terbesar di Dunia
Google (Pexels).

Selanjutnya adalah Alphabet yang tercatat sebagai perusahaan terbesar di dunia. Alphabet yang merupakan induk dari Google dan beberapa bisnis dari Google lainnya memiliki kapitalisasi pasar gabungan sebesar US$ 834,42 miliar atau Rp 11.842 triliun.

Perusahaan ini dibentuk pada 2 Oktober 2015 sebagai induk bisnis. Group Bisnis yang dipimpin Larry Page dan Sergey Brin ini menaungi Google, Calico, Capital G, Chronicle, DeepMind, Google Fiber, YouTube, GV, Jigsaw, Loon, Sidewalk Labs, Verily, Waymo, dan X.

Google sendiri sebagai bagian dari Alphabet telah tumbuh secara signifikan sejak tahun 2004. Saat itu harga perdana saham Google sekitar US$ 85 atau Rp 1,2 juta. Kini saham Google berada di angka US$ 1.202 atau Rp 17 juta per lembar.

3. Microsoft (MSFT): Rp 12.807 triliun

5 Perusahaan Terbesar di Dunia
Microsoft

Perusahaan terbesar di dunia berikutnya adalah Microsoft. Perusahaan yang bisnis utamanya menciptakan operating system dan sejumlah software ini punya kapitalisasi pasar yang mencapai US$ 902,64 miliar atau sekitar Rp 12.807 triliun.

Perusahaan yang didirikan Bill Gates dan Paul Allen tahun 1975 ini berkembang pesat sejak sahamnya ditawarkan buat umum alias IPO pada 13 Maret 1986. Saat itu saham Microsoft yang berkode MSFT dihargai US$ 21 per lembar. Kini sahamnya dihargai US$ 117 per lembar.

Microsoft diketahui menyediakan sejumlah layanan. Mulai dari Azure, Bing, Linkedin, MSDN, Office 365, OneDrive, Outlook.com, TechNet, Wallet, Windows Store, Windows Update, hingga Xbox Live.

4. Amazon (AMZN): Rp 11.279 triliun

5 Perusahaan Terbesar di Dunia
Amazon

Berkat Amazon, Jeff Bezos sebagai pemilik bisa menjadi orang terkaya di dunia nomor satu. Asal tahu aja nih, Amazon masuk dalam jajaran perusahaan terbesar di dunia.

Kapitalisasi pasar perusahaan yang bisnis utamanya ecommerce ini mencapai $ 795,18 miliar atau sekitar Rp 11.279 triliun. Bezos sendiri diketahui masih memiliki sekitar 16 persen dari seluruh saham Amazon.

Amazon mulai resmi IPO pada tahun 1997. Saat itu harga saham perdananya sekitar US$ 18 per lembar atau sekitar Rp 255 ribu. Saat ini harga saham perusahaan yang berkode AMZN ini mencapai US$ 1.761 atau Rp 24 jutaan per lembar.

Selain layanan ecommerce, Amazon sendiri diketahui menawarkan sejumlah layanan atau produk lainnya. Mulai dari Amazon Alexa, Amazon Echo, Amazon Fire TV, Amazon Kindle, Amazon Music, Amazon Prime, Amazon Video, AWS, hingga ComiXology.

5. Berkshire Hathaway (BRK.A): Rp 7.159 triliun

5 Perusahaan Terbesar di Dunia
Warren Buffett, orang terkaya di dunia finansial. (Shutterstock)

Lalu ada Berkshire Hathaway yang menjadi perusahaan terbesar di dunia. Perusahaan yang dijalankan Warren Buffett ini punya kapitalisasi pasar sebesar US$ 504,74 miliar atau Rp 7.159 triliun.

Perusahaan yang didirikan Oliver Chace tahun 1939 ini awalnya merupakan perusahaan tekstil. Pada 1964, Warren Buffett membeli saham Berkshire Hathaway.

Harga perdana saham ini diketahui sekitar US$ 19 atau Rp 269 ribu per lembar. Kini harganya US$ 307 ribu atau sekitar Rp 4,36 miliar per lembar. Harga yang sangat mahal tentunya.

Itu tadi lima perusahaan terbesar di dunia yang punya nilai fantastis. Saking mahalnya, pendapatan Indonesia belum cukup buat membeli salah salah satu perusahaan tersebut. Ke depan gak menutup kemungkinan nilainya bakal makin mahal seiring perkembangan bisnisnya.

Berikut adalah 5 Perusahaan Terbesar di Dunia

(Visited 12 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Top
error: Content is protected !!