You are here
Home > Blog > 5 Manfaat Komputer Dalam Bidang Pendidikan

5 Manfaat Komputer Dalam Bidang Pendidikan

5 Manfaat Komputer

5 Manfaat Komputer Dalam Bidang Pendidikan Siapa yang saat ini masih jarang mengenal komputer? Untuk orang-orang yang sudah tinggal di perkotaan, komputer sudah sering dilakukan. Meskipun begitu,  komputer pun juga mulai merambah ke tiap-tiap daerah sampai pedalaman. perkembangan komputer yang pesat seperti ini tentu saja disebabkan banyak pihak yang merasakan manfaat dari komputer ini.

Fungsi teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan saat ini tidak hanya untuk kalangan tertentu seperti perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi dan informasi saja. Mulai dari pemerintahan, kesehatan, masyarakat umum, bahkan sampai pendidikan pun dapat manfaat dari perkembangan komputer. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa peran teknologi dalam bidang pendidikan? Untuk mengetahui jawabannya,

simak uraian berikut ini 5 Manfaat Komputer antara lain :

1. Memberikan Informasi Lebih Kepada Siswa dan Guru

Dengan semakin meluasnya komputer di lingkungan sekolah, siswa dan juga guru bisa mendapatkan informasi tambahan yang bermanfaat. Untuk guru, jika dulu sumber informasi lebih banyak di dalam buku, kini, guru pun dapat menambah referensi ilmu kepada siswa. Khususnya yang berhubungan dengan studi kasus.

Sedangkan untuk Murid, manfaat yang didapat juga sama, yakni dapat referensi ilmu yang lebih luas. Hanya saja untuk siswa harus lebih diperhatikan karena usia remaja yang masih labil, mereka akan mudah terkena dampak negatif internet di kalang pelajar marak kita ketahui. Oleh sebab itu, pengawasan guru dan juga orang tua perlu dilakukan.

2. Meratanya Pembagian Ilmu

Maksud meratanya ilmu di sini adalah dengan komputer. Siswa dapat menerima ilmu pembelajaran secara merata dari guru. Contohnya saja, sebelum komputer dikenal luas seperti sekarang, guru maupun dosen akan menerangkan sambil menulis di papan tulis. Sekarang, guru dan dosen hanya cukup memperlihatkan soft file menggunakan proyektor.

Guru dan dosen cukup menerangkan tanpa perlu menulis di papan tulis. Lalu bagaimana dengan murid? Bisa langsung dilihat pada komputer masing-masing (dengan catatan, sekolah atau perguruan tinggi sudah memiliki lab komputer). Atau meminta soft filenya kepada guru dan dosen.

3. Ujian yang Lebih Akurat dan Cepat

Saat ini, ujian sekolah sudah menggunakan komputer. Itu artinya pihak sekolah sudah mulai memahami jika ujian menggunakan komputer memiliki manfaat yang besar. manfaat yang dirasakan paling besar adalah kecepatan dan juga keakuratannya.

Jika dulu pada saat ujian masih menggunakan kertas perlu waktu satu minggu bahkan sampai berbulan-bulan untuk mengetahui hasilnya. Sekarang, Ujian hari ini, hasilnya pun sudah keluar hari ini juga. Ditambah lagi, dengan tingkat akuratnya yang cukup tinggi, kita bisa melihat transparansi nilai sehingga akan terlihat hasil nilai karena murni belajar dan bukan karena faktor lain.

4. Memudahkan Pendataan

Berkembangnya komputer juga dapat memudahkan dari sisi administrasi. Contohnya untuk siswa dan juga mahasiswa baru kini dapat mendaftar langsung dari komputer. Tinggal masukan data lengkap dan dia pun bisa mendaftar ke sekolah atau perguruan tinggi favoritnya. Hal tersebut berbeda dengan dulu. Contohnya, calon siswa dan mahasiswa baru harus datang ke tempat hanya untuk mendaftar sebagai tempat belajarnya nanti.

Untuk siswa, kini juga dapat melihat berapa nilai mata pelajaran yang lulus dan juga yang masih perlu remedial hanya dengan mengeceknya di komputer saja. Sedangkan untuk mahasiswa, kini mereka juga dapat mengajukan penambahan mata kuliah, praktek lapangan, dan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan kemahasiswaan hanya melalui komputer. Tentu saja dengan metode ini jadi lebih efisien dan juga lebih cepat.

5. Media Pengenalan Sekolah dan Perguruan Tinggi

Salah satu manfaat lain dengan luasnya komputer adalah menjadi media promosi untuk sekolah dan perguruan tinggi. Dengan begitu, pihak sekolah maupun perguruan tinggi dapat menunjukan profil tempatnya masing-masing kepada calon siswa dan juga calon mahasiswa. Selain menghemat biaya, cara ini juga merupakan salah satu metode yang efektif digunakan saat ini.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Top
error: Content is protected !!