You are here
Home > Blog > Sungguh Aneh Ini Penyebab Jakarta Semakin Macet

Sungguh Aneh Ini Penyebab Jakarta Semakin Macet

Sungguh Aneh Ini Penyebab Jakarta Semakin Macet

Sungguh Aneh Ini Penyebab Jakarta Semakin Macet, Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk, misalnya Jakarta. Rumus untuk mengenai kemacetan di Terminal adalah: Kemacetan menjadi polemik di setiap kota di Indonesia, terlebih lagi di Ibu Kota, DKI Jakarta. Mereka yang beraktivitas di Jakarta harus merasakan stresnya menghadapi kemacetan yang tidak kenal jam, tidak terkecuali di akhir pekan.

Kemacetan di Jakarta tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya, jumlah kendaraan yang kian banyak namun tidak didukung peningkatan infrastruktur jalan. Alih-alih menambah ruas jalan, berbagai jalan di Ibu Kota cenderung menyempit karena masifnya beragam pembangunan.

Berikut beberapa fakta mengenai kemacetan di Jakarta, seperti dirangkum Okezone, Selasa (12/12/2017).

1. Kemacetan di Jakarta Menempati Peringkat 7 di Dunia

Berdasarkan data yang dihimpun dari Numbeo.com, Jakarta menduduki peringkat ke-7 sebagai kota termacet di seluruh dunia pada 2017. Indeks kemacetan di Jakarta mencapai 279,89. Peringkat kemacetan tahun ini naik mengingat pada 2016 Jakarta hanya bertengger di posisi ke-17 sebagai kota termacet di seluruh dunia.

2. Jumlah Kendaraan Bermotor di Jakarta Naik Tiap Tahun

Salah satu faktor yang dituding menjadi sumber kemacetan adalah kian banyaknya pengendara sepeda motor di Jakarta. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sepanjang 2012-2016, pertumbuhan jumlah sepeda motor di Jakarta naik 5,30%. Kenaikan terbesar terjadi pada 2015 dengan 13.989.590 sepeda motor.

3. Angka Kecelakaan Meroket

Tingginya jumlah kendaraan di Jakarta berbanding lurus dengan tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas. BPS melansir, pada 2016 terdapat 6.180 kasus kecelakaan lalu lintas di Jakarta. Dari ribuan kasus itu, 678 orang meregang nyawa, 2.250 orang terluka berat dan 4.487 orang mengalami luka ringan. Total kerugian materi akibat kecelakaan sepanjang tahun lalu mencapai Rp20.295.000.

4. Dilema Ojek Online, Solusi Sekaligus Penyebab Kemacetan

Pengelolaan angkutan umum yang tidak rapi di Jakarta membuat banyak pengguna jalan memilih transportasi alternatif. Ojek online kini menjadi primadona.

Sungguh Aneh Ini Penyebab Jakarta Semakin Macet

(Visited 11 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Top
error: Content is protected !!